19 Agu 2011

Eyeliner: Kesadaran Membuat Kita Lupa


Iseng-iseng saya membuka kembali lemari tempat saya menyimpan CD di kamar, tiba-tiba menemukan CD kompilasi yang dirilis pada tahun 2010 bertajuk Lepas Landas yang dulu pernah saya beli di Doublehead Distro Bogor. Setelah kembali didengarkan, telinga saya terkunci dalam satu komposisi intro yang modern dari sebuah band Post Industrial yang berada di Track02 di album kompilasi ini. Band ini bernama Eyeliner dengan single berjudul Kesadaran Membuat Kita Lupa.

Eyeliner kini tinggal beranggotakan 2 orang, yaitu Do (Vokal) dan Levi (Synth, Sampler), yang sebelumnya dari tahun 2006 hingga awal 2011 memiliki 2 orang gitaris. Mereka mencoba memainkan emosi kita dengan lirik yang tajam mengenai kehidupan dan iringan musik yang kerap kali membuat kita 'high' hingga bergoyang tanpa sadar karenanya.


Sebenarnya saya tertarik untuk mengulas single Kesadaran Membuat Kita Lupa disini karena hasil mixingannya yang asik, bahkan yang paling asik jika dibandingkan dengan lagu-lagu Eyeliner yang lainnya. Menurut saya balancing dan komposisinya lebih teratur, tapi saya hanya berpendapat sebagai pendengar musik yang awam karena saya bukan seorang music director yang lebih mengerti tentang hal ini.

Menurut Do, Kesadaran Membuat Kita Lupa bercerita tentang kesalahpahaman orang dalam mengartikan kesadaran dan akhirnya mereka lupa akan sejatinya. Lagu ini memang sengaja dikemas dengan lebih rapi dan kebetulan proses finishingnya ditangani oleh orang yang handal. Lagu ini juga sengaja dirilis untuk meramaikan kompilasi Lepas Landas pada saat itu. Sekilas warna lagu ini mengingatkan saya akan musik-musik Pop di era Thriller-nya Michael Jackson, tentunya dengan balutan nuansa Gothic khas Eyeliner.



Info lebih lanjut tentang Eyeliner, silahkan klik link di bawah ini:
myspace.com/eyelinersound
reverbnation.com/eyeliner
soundcloud.com/eyeliner
twitter.com/eyelinersound
facebook.com/eyeliner

1 komentar: