12 Agt 2010

Cara Bikin Lagu Buat Pemula

Cara Bikin Lagu Buat Pemula:

1. Siapin Mental
Untuk menemukan irama yang enak dan sesuai dengan selera hati kita mungkin bukan hal yang gampang, kecuali kalo emang di kasih anugerah bakat alam dalam nemu irama yang enak. Jadi Siapin mental kalau kalau di beberapa percobaan awal lagu bikinan kita masih terdengar aneh di telinga.

2. Pilih Instrumen Yang Cocok
Maksud saya adalah cocok dengan kemampuan dan kesukaan kita dalam bermain instrumen. Misalkan; yang bisa kacapi pakelah gitar, dan lain sebagainya.
Belum bisa bermain instrumen? Bersenandung saja dulu, nanti kalo sudah pas iramanya, minta bantuan teman yang bisa bermain instrumen untuk mencarikan cordnya.

3. Suasana Hati
Lagu tentang patah hati bukan berarti harus dicipta pada saat kita baru aja putus. Temukan saat saat dimana kamu nyaman untuk memegang instrumen atau bersenandung. Masalah isi lagu khan bisa disesuaikan nanti.

4. Catat/Rekam
Setiap menemukan nada atau cord yang dirasa sesuai atau tepat, jangan lupa dicatat atau direkam. tujuannya agar kita ingat urutan cord dan genjrengannya (buat yang pake terompet). Kalo senandung dari mulut, cukup direkam saja.

5. Pengalaman Hidup
Jadikan pengalaman hidup sebagai inspirasi dalam menulis liriknya. Pengalaman kita dan teman teman khan banyak, ada suka dan dukanya, inspirasi bisa digali dari situ.

6. Lirik & Cord Sederhana
Pada mula membuat lagu, jangan terlalu rumit dalam pencarian nada dan kata katanya. dari 3 cord saja sebenarnya bisa tercipta harmonisasi nada yang enak. A sampai G saja sudah cukup untuk percobaan membuat lagu. Sedangkan kata kata, cari yang sederhana agar gampang merangkainya. Masalah mau mempunyai rima atau tidak di ujung baitnya, itu terserah penciptanya.

7. Jangan Menyerah
Jangan berputus asa, mungkin terpikir: "ah...udahlah, ga akan masuk industri musik ini...". Mungkin benar, sebagian dari kita sudah tidak mungkin untuk bisa masuk industri musik, namun akan ada kepuasan tersendiri jika berhasil menciptakan lagu yang kita inginkan. Biar tidak dijual di toko kaset, mungkin lagu itu bisa kita berikan buat orang orang yang kita sayangi, atau kalo mau narsis, upload saja ke youtube, jangan lupa dishare dimana mana, supaya orang lain bisa dengar, syukur syukur ada yang tertarik ngajak nge-band bareng.

1 komentar:

  1. Mengunjungi blog yang bagus dan penuh dengan informasi menarik tentang cara bikin lagu buat pemula adalah merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami... teruslah berbagi informasi

    BalasHapus