8 Mei 2014

Asphoria - People+ (JDR009)


Awalnya sebuah lagu, People Help The People. Cherry Ghost, si empu lagu yang dimaksud, bertutur tentang toleransi dan kehidupan harmonis antar umat manusia. Sementara itu belasan ribu kilometer dari Bolton Inggris—kota asal Cherry Ghost—ada yang terjadi dengan Asphoria. Dalam proses pengerjaan minialbum Syabidap (yang rilis 26 Desember 2013 lalu), band bentukan empat pria asal Bogor ini kena imbas lagu tersebut.

Muka Fanfan (gitar/vokal) terdongak setelah lagu itu tandas diputarnya berulang-ulang. "Jadi kepikiran untuk featuring cewek yang line vokalnya mirip Birdy", ujarnya membayangkan. Adalah Rizka Zahra Tamira, yang kemudian mengisi fantasi tersebut. Bersama gadis yang akrab disapa Chika itulah, Fanfan kemudian mengomandoi Aria (piano), Maul (bass/vokal) dan Irfan (drum) untuk membingkai ulang kisah Cherry Ghost dalam People Help The People yang lain. Suasana sebangun versi aslinya, terasa dalam People Help The People ala Asphoria. Aura humanis People Help The People yang ini mungkin lebih terang ketika hari kedelapan di bulan Mei dipilih sebagai hari baik peluncuran karya saduran tersebut, bertepatan dengan hari palang merah dan bulan sabit merah sedunia.

Kami lalu tiba di suatu hari. Dalam sebuah folder file foto dokumentasi keluarga BJ Habibie-Hasri Ainun Habibie, ada dua foto bernuansa sepia. Keduanya sama-sama menampilkan sosok Ainun muda memandang ke arah jendela. Yang pertama dipotret dari depan, yang lain sebaliknya. Ketika saya mewawancarai Sang Presiden Ketiga, ia berkisah bahwa istrinya bercita-cita menjadi seorang yang bisa menolong sesama. Hasri Ainun Habibie di kemudian hari kemudian menjemput inginnya, menjadi dokter, mendirikan rumah sakit, beraktivitas sosial. Sosok Ainun lalu relevan dengan yang ingin dirayakan Asphoria melalui karyanya. Mereka setuju menjadikan salah satu foto Ibu Ainun sebagai karya penyerta, tentu setelah saya memohonkan izin penggunaan foto dan kami menuliskan sumber foto itu. Lebih dari itu, Ibu Ainun memantik percikan api inspirasi baru hingga Asphoria menggubah satu lagu lagi, Remembering.

Hikayat tolong-menolong dalam People Help The People, disambung kisah penghormatan atas mereka yang telah pergi lebih dulu dalam Remembering, membentuk rajutan buah tangan tersendiri di hari palang merah dan bulan sabit merah sedunia ke-151. Misi peringatan hari yang bertepatan dengan kelahiran bapak palang merah dunia Henry Dunnant itu ternyata bukan hanya bisa dilakukan dengan longmarch, beraktivitas sosial atau orasi kemanusiaan (misalnya), tapi juga menikmati hakikat memperlakukan manusia layaknya manusia dalam double single karya Asphoria bertajuk "People+". (rheza ardiansyah)


Download: Asphoria - People+ (JDR009) (14.6 MB)

toleransi, empati, peringatan, kemanusiaan
'world red cross red crescent day'
8 Mei 2014

Track list:
1. People Help The People
2. Remembering
3. 3 Kata Untukmu [Bonus Track]

Credit:
"People+" a double single
'People Help The People' written by Cherry Ghost
'Remembering' and '3 Kata Untukmu [bonus track]' written by Asphoria
All songs recorded, mixed, and mastered by Achmad Fauzan Alfansuri
Guest Vocal on People Help The People by Rizka Zahra Tamira
Guest Vocal on 3 Kata Untukmu by Ditha Fitrialdi
Art cover from Pusat Dokumentasi Keluarga Baharudin Jusuf Habibie - Hasri Ainun Habibie

http://soundcloud.com/asphoria
http://twitter.com/asphoria
http://youtube.com/asphoria

2 komentar: