20 Des 2010

SIKAP MENTAL POSITIF (PMA - Positive Mental Attitude)

Sesuai hakekat penciptaan manusia, tuhan telah memberikan jalan hidup yang berbeda-beda untuk setiap individu walaupun mempunyai satu tujuan yang sama. Ketika kita dihadapkan pada jalan kehidupan yang sangat sulit maka jalan yang kita tempuh akan terasa sangat berat dan menyesakkan, bahkan terkadang kita merasa putus asa dalam menjalaninya karena terus menerus mengalami banyak kegagalan. Dari kejadian itu tentunya kita tidak akan pernah menyalahkan tuhan atas apa yang ditimpakannya pada kita, tetapi justru dengan begitulah kita harus lebih bercermin tentang kekurangan dari diri kita sendiri sehingga kita mampu memperbaiki diri untuk bangkit dengan lebih baik lagi.

Pernahkah kalian mendengar tentang Sikap Mental Positif (Positive Mental Attitude – PMA)? Sikap mental positif adalah sikap mental psikologis yang membangkitkan rasa keberhasilan melalui sifat optimistik. Sikap mental positif akan menghadirkan plongan dari sisi kebaikan terhadap hal apapun sehingga ia mampu menepis rasa negatif, kekalahan, dan keputusasaan. Dengan kata yang lebih sederhana berarti merespon dengan positif setiap segala situasi dalam kehidupan. Orang yang mempunyai sikap mental positif akan berfikir bahwa segala sesuatu di dunia ini adalah ”baik”.

Sikap mental positif merupakan sebuah gerakan dalam Budaya DIY (Do It Yourself) dan terdapat juga dalam beberapa lirik-lirik lagu dari beberapa band yang menggembar-gemborkan betapa pentingnya sikap mental positif dalam kehidupan manusia. Sikap mental positif telah dikenal untuk membantu orang ketika melalui masa-masa sulit dalam hidup mereka, bahkan sikap mental positif juga bisa membantu pasien rumah sakit dalam mengatasi penyakit yang dideritanya. Kembali bangkit untuk menyelesaikan segala tantangan hidup merupakan obat paling mujarab untuk mengobati semua penyakit di dunia ini. Banyak orang seperti Toby Morse (vokalis band hardcore punk H2O) percaya bahwa sikap mental positif dapat membantu penyembuhan fisik dan mental seseorang.

Ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan “energi” dari sebuah sikap mental positif:

1. Belajarlah untuk melihat segala sesuatu dari sisi positif. Kita tidak mengingkari realita, tapi kita melihatnya dari sisi yang terbaik. Kegagalan memang menyakitkan tapi itu merupakan pelajaran yang sangat berharga. Sakit gigi memang tidak enak, tapi itu bisa menjadi awal yang baik untuk memulai memperhatikan kesehatan gigi. Teman kita yang satu itu memang menjengkelkan, tapi sebetulnya dia adalah guru yang melatih kita untuk lebih sabar dan lebih toleran.

2. Belajarlah mengucap syukur tidak saja dalam keadaan baik tapi juga dalam keadaan buruk. Orang-orang yang memiliki mental positif menyadari bahwa situasi seburuk apapun pasti ada hikmahnya. Hikmah tidak bisa dibeli dengan uang tapi harganya tak ternilai bagi kehidupan kita. Ucapan syukur akan membantu kita menemukan hikmah dibalik setiap situasi buruk yang kita hadapi.

3. Tanamkanlah keyakinan-keyakinan yang positif. Yakinkan diri Lo bahwa Tuhan sudah melengkapi kita dengan potensi untuk berhasil dalam hidup. Semua hambatan dan tantangan tidak harus menjadi alasan untuk menjadi pecundang, tapi batu loncatan untuk menjadi pemenang. Sebaiknya, buanglah keyakinan-keyakinan yang negatif, yang membuat Lo merasa tidak mampu, tidak berdaya, dan terbelenggu.

4. Bersikaplah positif terhadap kehidupan. Ibaratnya hidup ini seperti air yang jernih, dan ia akan berubah warna tergantung warna apa yang Lo tuangkan ke dalamnya. Hidup ini ringan kalau Lo menganggapnya tidak berat. Persoalan-persoalan kehidupan adalah bumbu kehidupan kalau Lo tidak menganggapnya sebagai racun yang merusak dan melumpuhkan. Hidup ini bisa tampak indah kalau mata Lo tidak fokus pada awan yang kelabu.

5. Jadikanlah sikap mental positif sebagai bagian dari perjuangan Lo menuju keberhasilan. Tidak mudah membangun sikap mental positif, apalagi kalau selama ini Lo sudah membangun sikap mental negatif selama bertahun-tahun. Diperlukan kemauan yang keras, kesungguhan hati dan pengulangan terus menerus agar sedikit demi sedikit terbentuk sikap mental positif.

6. Bersikaplah realistis. Sikap mental positif memang tidak bisa mengubah keadaan, tapi bisa mengubah reaksi Lo terhadap keadaan yang buruk. Sikap mental positif tidak bisa mendatangkan kesuksesan, tapi dapat mempermudah Lo menemukan kesempatan-kesempatan untuk menuju ke arah kesuksesan. Sikap mental positif tidak akan mengubah hidup Lo secara drastis, tapi akan membuat perbedaan yang signifikan dalam setiap aspek hidup Lo.


Sumber: visi victory

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar